Home » , » Mengenal Jenis-jenis Mie

Mengenal Jenis-jenis Mie

Written By Unknown on Sunday 22 February 2015 | 14:02


Mie merupakan bahan makanan yang sangat populer. Bisa menjadi hidangan harian  atau kala perayaan Imlek. Ternyata banyak sekali jenis-jenis mie yang tersedia di pasaran. Yuk kita kenali satu persatu.

Mie
Mie adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Karena warnanya yang kuning, mi ini juga biasa disebut dengan mie kuning. Mie kuning terbuat dari tepung terigu, biasanya dijadikan bahan utama mie goreng, mie rebus, mie ayam, ataupun mie bakso.

La Mian
Dalam bahasa China, La Mian berarti mie tarik. Cara pembuatan mie yang ditarik-tarik menjadi inspirasi nama mie ini. Ukuran La Mian lebih kecil dari mie kuning biasa. La Mian biasa dijadikan bahan utama dalam mi pangsit.

Udon
Kalau di China ada La Mian, di Jepang ada Udon. Mie gendut ini berwarna putih polos. Kalau mie kuning terbuat dari tepung terigu, bahan utama pembuatan udon adalah gandum. Biasanya jenis mie ini disajikan dengan kuah kaldu hangat.

Mie Pok
Selain La Mian, ternyata China memiliki jenis mie lainnya, Mi Pok. Mie gandum berwarna kuning ini lebih dikenal di Singapura dengan sebutan bak mee chor. Bentuknya yang lebih pipih ternyata dibuat secara tradisional. Mi Pok juga biasa digunakan sebagai bahan utama bakmi.

Soba
Ternyata Jepang juga tidak mau kalah dengan China. Selain Udon, Jepang juga punya jenis mie lain, yaitu soba. Mie yang sudah ada sejak zaman edo ini, biasanya digunakan dalam sup tradisional Jepang yang didinginkan. Teksturnya tipis dan lembut.

Soun
Bunda pasti sudah tidak asing dengan mie pelengkap soto dan ketoprak yang satu ini. Sekarang ini soun dapat dibuat dari ubi, kentang dan singkong. Bunda dapat merendam soun dalam air panas mendidih untuk melunakkan soun kering Bunda.

Kwetiau
Mie yang terbuat dari tepung beras, berwarna putih dan berbentuk pipih lebar ini sangat cocok disajikan dengan kuah atau digoreng bersama telur, tauge, seafood dan irisan cabai!

Misua
Dalam budaya Tionghoa, dimana jika seseorang berulang tahun biasanya akan disajikan misua. Misua terbuat dari tepung gandum, berwarna putih pucat dan biasanya disajikan dalam kuah dan telur. Selain itu misua juga dapat dijadikan sebagai snack untuk Bunda di sore hari.

Spaghetti
Spaghetti diketahui dibawa oleh penjelajah terkenal Italia sepulangnya ekspedisi ke China. Selain spageti, Italia juga mempunyai vermicelli yang bentuknya serupa dengan spageti hanya saja ukurannya lebih langsing sehingga disebut sebagai hair spaghetti. 

I Fu Mi
Jenis mie yang terakhir ini adalah mie yang juga tidak pernah dilewatkan dalam tahun baru Imlek. I Fu Mi merupakan mi telur yang terbuat dari tepung gandum. Ketika disajikan, I Fu Mi mempunyai bentuk seperti sarang burung yang melambangkan kerja keras dan ketekunan. I Fu Mi biasa disajikan garing seperti kerupuk dengan tambahan sayuran, seafood, ayam dan sedikit kuah.



Lazada Indonesia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Oxone Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger