Home » » Perbedaan Antara Margarin dan Butter

Perbedaan Antara Margarin dan Butter

Written By Unknown on Monday 19 January 2015 | 16:00

Seringkali kita menyebut butter padahal produk yang dimaksud adalah margarin. 
Tahukah Bunda kalau margarin dan butter itu berasal dari 2 jenis lemak yang berbeda?

Pada dasarnya, margarin dan butter memiliki kegunaan yang sama dalam pembuatan kue dan masakan sehari-hari. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada rasa dan aroma masakan yang dihasilkan dari penggunaan margarin ataupun butter.

Perbedaannya adalah, margarin terbuat dari lemak nabati seperti minyak tumbuh-tumbuhan. Warna kuningnya lebih terang dibandingkan butter, dan tidak mudah leleh meskipun disimpan dalam suhu ruangan. Margarin mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan butter sehingga tidak menyebabkan kolesterol.

Sedangkan butter terbuat dari lemak hewani seperti susu sapi. Warna kuningnya lebih pucat dibandingkan margarin. Teksturnya lebih lembut dan mudah meleleh bila disimpan dalam suhu ruangan. Butter juga mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan margarin sehingga dapat menyebabkan kolesterol bila dikonsumsi berlebih.

Butter memiliki aroma khas susu yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang baik, sehingga menghasilkan tekstur kue yang kurang kokoh. Sedangkan margarin aromanya tidak seenak butter, tapi daya emulsinya bagus sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang kokoh.
Pada umumnya, butter dicampurkan dengan margarin untuk mendapatkan aroma dan rasa yang enak sekaligus tekstur kue yang memuaskan.



Lazada Indonesia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Oxone Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger