Home » , , » Berbagai Jenis Motif Lapar (Bagian 2)

Berbagai Jenis Motif Lapar (Bagian 2)

Written By Unknown on Wednesday 17 December 2014 | 21:52

Semua orang tentu pernah mengalami lapar. Hal tersebut wajar karena merupakan pertanda bahwa tubuh mulai membutuhkan asupan makanan untuk menambah energi. Namun ketika rasa lapar yang teramat sangat tiba-tiba datang, maka Bunda sering kali akan kehilangan rasionalitas dalam memilih makanan.
Namun apakah Bunda tahu, rasa lapar yang Bunda rasakan belum tentu pertanda dari tubuh untuk meminta asupan makanan.

Benarkah?
Ya, hal tersebut memang benar. Tidak selamanya lapar yang Bunda rasakan adalah protes dari tubuh agar Bunda mengisi energi dengan makanan. Banyak motif lapar yang ternyata sering Bunda alami. Apa saja itu? Berikut adalah rangkumannya.
 
4. Lapar ketika sedang asyik menonton TV
Siapa yang tak pernah melewatkan berjam-jam di depan televisi? Semua orang tentu pernah melakukannya. Mengikuti jalannya sinetron atau tayangan favorit membuat Bunda tak sadar bahwa toples yang ada di pangkuan Bunda isinya telah habis. Beberapa kasus lainnya bahkan sebelum menonton TV telah menyiapkan terlebih dahulu cemilan yang banyaknya melebihi makan besar Bunda.
Kejadian ini dinamakan sebagai ‘amnesia makanan’. Makan sambil melakukan hal lain membuat orang mengonsumsi kalori yang lebih banyak dibandingkan ketika aktivitas lainnya. Cara untuk menghindari hal ini adalah dengan menyisihkan cemilan Bunda jauh-jauh dari ruang keluarga Bunda. Jika memang Bunda menginginkan cemilan, maka ambillah secukupnya dan tak berlebihan.

5. Lapar seusai makan
Bagi beberapa orang, pasti pernah mengalami rasa lapar meski dirinya baru saja makan besar. Jika Bunda turuti, bukan tidak mungkin bobot tubuh Bunda akan melonjak naik. Rasa lapar seusai makan ini disebabkan karena menu makanan Bunda sebelumnya adalah makanan yang kurang sehat. Bisa dibilang banyak karbohidrat dan kalori. Maka, untuk menghindari hal ini, seimbangkan menu makanan Bunda dengan sayur-sayuran dan sumber makanan lain yang mengandung banyak protein. Dengan begitu, Bunda akan terhindar dari rasa lapar seusai makan.

6. Lapar karena melihat peluang
Ini adalah keadaan lapar dimana Bunda melihat terdapat kesempatan untuk makan gratis atau semacamnya. Misalnya, ketika Bunda ditraktir oleh teman-teman. Pasti Bunda tidak mungkin untuk menolaknya. Berpikir bahwa itu gratis, maka Bunda akan memaksimalkan daya tampung perut Bunda untuk makan lebih banyak sajian yang diberikan oleh teman Bunda. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus tetap makan dengan sewajarnya.

7. Bingung antara lapar atau haus
Terkadang, kita salah untuk mengartikan keinginan tubuh. Rasa lapar yang biasanya Bunda rasakan, bukan tidak mungkin itu adalah pertanda tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan pasokan air yang cukup. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Bunda sebelum makan meminum terlebih dahulu beberapa gelas air untuk memastikannya. Jika setelah minum tetap saja merasa haus, berarti tubuh Bunda memang benar-benar lapar dan membutuhkan asupan makanan.

Itulah beberapa jenis lapar yang sering Bunda alami. Pintar-pintar lah membedakan lapar yang Bunda rasakan dengan motif lainnya. Dengan begitu, berat badan Bunda akan terjaga dan tubuh akan tetap pada bentuknya.


Berbagai Jenis Motif Lapar (Bagian 1) 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Oxone Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger