Home » , , » Tips Mengolah Cumi-cumi

Tips Mengolah Cumi-cumi

Written By Unknown on Sunday 24 August 2014 | 14:00

Cumi-cumi yang kenyal gurih disukai banyak orang. Mengolah cumi terlihat gampang. Padahal kalau salah memasak, cumi jadi alot bahkan kering keras dan tidak enak. Agar tidak anyir dan alot, cumi harus segar benar. Kulit ari dan matanya bening jernih, tidak berwarna ungu. Kemudian, olah dengan memperhatikan hal ini :

Bersihkan cumi
Lepaskan kepala cumi, buang kantong tintanya dan tulang lunaknya. Sayat sedikit kulit arinya lalu tarik dan kupas kulit arinya. Cuci di bawah air mengalir hingga bersih. Jika tak ingin tintanya, tusuk mata cumi dan keluarkan tintanya lalu cuci bersih.

Buang tintanya
Untuk membuang tintanya tarik bagian "pena" dibagian bawah cumi kemudian tarik hingga seluruh kepalanya  keluar. Setelah itu bersihkan bagian dalam cumi dengan memotong bagian samping cumi dan keluarkan bagian isian cumi hingga bersih.

Beri air jeruk nipis
Setelah cumi bersih, taruh dalam saringan dan biarkan hingga tiris. Kemudian beri perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis dan diamkan sekitar 5 menit agar lendir dan aroma amisnya hilang.

Masak
Agar cumi tidak liat teksturnya, Bunda hanya butuh memasak cumi yang sudah dipotong kecil sekitar 30-40 detik dengan  api yang tinggi. Jika masak dengan bumbu, jangan tambahkan air. Karena cumi akan mengeluarkan banyak air. Air yang terlalu banyak membuat cumi jadi liat.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Oxone Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger