Home » , , » Tips Melelehkan Frozen Food

Tips Melelehkan Frozen Food

Written By Unknown on Monday 2 June 2014 | 22:01

Membuat beku (freezing) adalah cara paling mudah untuk menyimpan dan membuat daya tahan makanan menjadi lama. Tapi melelehkan atau mencairkannya (thawing) perlu trik tersendiri. 
Makanan atau bahan makanan yang biasanya dibuat beku adalah aneka jenis daging dan sayuran. Kali ini kami akan membahas cara terbaik dan tercepat untuk melelehkan makanan beku (frozen food) tersebut. 
Sebelumnya, Bunda jangan lupa untuk selalu membekukan makanan dalam keadaan tertutup rapat. Bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau diselubungi dengan plastic wrap atau freezing paper.
  1. Hindari suhu ruangan. Mengapa kita tidak boleh melelehkan makanan dalam suhu ruang? zona berbahaya” berkembangnya bakteri dalam makanan berada pada suhu 5°C sampai 60°C. Bunda harus ingat, suhu ruang biasanya berada dalam tengah-tengah suhu di atas, yakni antara 20°-22°C. Daging beku yang ditaruh dalam suhu ruang akan cepat meleleh dalam beberapa jam, namun daging ini akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri juga. Daging dengan kondisi ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena kemungkinan besar sudah mengadung bakteri E. Coli, walaupun nantinya akan dimasak dengan dengan suhu tinggi (> 100°C).
  2. Turunkan ke area chiller. Teknik melelehkan yang paling sering dilakukan dan yang paling aman adalah dengan mengeluarkan frozen food dari freezer, kemudian menyimpannya dalam kulkas, khususnya chiller. Cara ini memang memakan waktu lebih lama dari proses lain, tapi terhitung aman karena makanan ditaruh dalam suhu dingin dimana bakteri tidak bisa berkembang. Keuntungan lainnya, suhu pada kulkas dapat dikontrol atau diatur oleh kita. Pastikan temperatur berada di bawah 4°C. Suhu paling baik adalah antara 1°-4°C.
  3. Rendam dengan air dingin adalah satu cara yang lebih cepat dari proses di atas. Jika Bunda ingin segera memasak frozen food, merendamnya dengan air dingin adalah yang terbaik. Caranya, bungkus rapat-rapat daging atau buah beku dengan plastic wrap. Pastikan tidak ada bagian yang terbuka sedikitpun. Jika makanan tersebut sudah dibungkus dengan plastic wrap, untuk berjaga-jaga bungkus dengan plastik zip. Siapkan mangkuk yang ukurannya lebih besar dari ukuran makanan beku, isi dengan air dingin atau air yang sudah didinginkan dalam kulkas. Pastikan frozen food terendam dalam air. Setelah 30 menit air akan menjadi tidak dingin lagi, ganti air sesegera mungkin. Biasanya frozen food akan mencair setelah satu jam atau bisa lebih cepat, tergantung ukurannya. Namun cara ini hanya cocok untuk makanan yang akan segera dimasak. Frozen food yang telah dicairkan dengan cara seperti ini tidak bisa dibekukan kembali.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Oxone Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger