Home » » Bolu Cukke, Kue Tradisional Khas Makasar

Bolu Cukke, Kue Tradisional Khas Makasar

Written By Unknown on Monday 15 December 2014 | 08:00

Selain bolu peca, di Makassar juga terdapat satu kue bolu yang tidak kalah enaknya yakni kue bolu cukke. Berbeda dengan bolu peca yang terlihat agak basah berkat siraman gula merah didalamnya, bolu cuke memiliki tekstur lebih kering.

Tekstur lebih kering yang dimiliki kue bolu cukke ini karena proses pembuatannya yang dipanggang diatas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Uniknya, proses pembakaran masih menggunakan cara yang tradisional yakni menggunakan kayu bakar.
Kue khas masyarakat Bugis ini terbuat dari bahan utama tepung beras dan juga gula merah. Taburan gula putih dibagian atasnya membuat bolu cukke terlihat begitu menggugah selera. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat bolu cukke begitu enak untuk dinikmati sebagai cemilan disaat santai.

Kue bolu cukke banyak ditemukan di Kampung Lajoa, Kecamatan Marioriwawo, Soppeng, Sulawesi Selatan. Di sini kita bahkan bisa melihat para pembuat bolu cukke sedang membuat kue bolu ini diatas cetakan. Kue bolu ini biasa disebut juga dengan sebutan bolu cungkil karena cara mengangkat kue yang sudah matang dengan cara dicungkil.

Kue bolu cukke sangat pas dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dengan harga yang terjangkau, kue bolu cukke menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Provinsi yang memiliki julukan kota Daeng ini.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pusat Oxone Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger